Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIC MTs Negeri 1 Kota Palu Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Materi Pola Bilangan
Nama: SITTI NURSYAM
Tahun: 2019
Abstrak
Sitti Nursyam, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VIIIC MTs Negeri 1 Kota Palu Melalui Penerapan Model PembelajaranQuantum Teaching pada Materi Pola Bilangan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Muh. Rizal dan Pembimbing (II) Marinus Barra Tandiayuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran Quantum Teaching yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Pola Bilangan di kelas VIIIC MTs Negeri 1 Kota Palu. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC MTs Negeri 1 Kota Paluyang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Pola Bilangan di kelas VIIIC MTs Negeri 1 Kota Palu dengan mengikuti fase-fasesebagai berikut (1) Tumbuhkan, yaitu guru menjelaskan manfaat dan tujuan dari mempelajari materi pola bilangan dengan menampilkan gambar-gambar yang menarik, melakukan apersepsi dan memberikan motivasi dengan menggunakan alat peraga dan beberapa gambar (2) Alami, yaitu guru membentuk siswa kedalam beberapa kelompok dan memberikan LKPD untuk dikerjakan secara bersama-sama (3) Namai, yaitu guru memberikan bantuan pada siswa untuk menyimpulkan materi yang telah mereka ketehui di fase alami. (4) Demonstrasikan, yaitu guru memberikan kesempatan bagi siswa untuk mendemonstrasikan jawaban dari tugas kelompok yang diberikan di fase alami. (5) Ulangi, yaitu Guru bersama siswa mengulang kembali materi yang telah dibahas, memeriksa kesimpulan yang siswa buat difase namai, mengerjakan tugas individual, dan menyimpulkan materi secara bersama-sama, dan (6) Rayakan, yaitu guru memberikan apresiasi berupa pujian sebagai bentuk penghargaan atas usaha, ketekunan, dan pengakuan terhadap prestasi siswa. Kata Kunci: PembelajaranQuantum Teaching, Hasil Belajar, Pola Bilangan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up