Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN LANGKAH POLYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII D SMP IT QURROTA A YUN PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PERBANDINGAN
Nama: MURNIATI
Tahun: 2020
Abstrak
Murniati. 2019. Penerapan langkah Polya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VII D SMP IT Qurrota A’yun Palu dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (I) I Nyoman Murdiana (II) Tegoeh S Karniman. Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VII D SMP IT Qurrota A’yun Palu pada materi soal cerita perbandingan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh deskripsi mengenai Penerapan Langkah Polya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII D SMP IT Qurrota A’yun Palu dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian oleh Kemmis dan Mc. Taggart yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP IT Qurrota A’yun Palu yang berjumlah 30 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan langkah Polya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi soal cerita perbandingan dengan mengikuti langkah-langkah yaitu: 1) memahami masalah, Pada langkah ini, peneliti meminta masing-masing kelompok untuk menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami pada soal. 2) menyusun rencana, peneliti mengarahkan semua kelompok untuk merencanakan penyelesaian dengan menuliskan rumus dan model matematika 3) melaksanakan rencana, peneliti meminta seluruh kelompok untuk melaksanakan perencanaan yang telah dibuat pada langkah ke-2, dalam hal ini masing-masing anggota kelompok berdiskusi untuk menjawab soal yang ada pada LKPD 4) mengecek kembali, peneliti meminta kepada masing-masing kelompok untuk mengecek kembali jawaban yang sudah diperoleh. Kata kunci : Langkah Polya, hasil belajar dan soal cerita perbandinganv

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up