Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUKU BANYAK DI KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 9 PALU
Nama: SITI NURFATIMAH
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Siti Nurfatimah. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Suku Banyak di Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 9 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Dasa Ismaimuza (2) Tegoeh S, Karniman. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Suku Banyak di Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 9 Palu. Penelitan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini sebanyak 3 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Suku Banyak di Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 9 Palu, melalui tahap-tahap sebagai berikut: (1) course, (2) review, (3) Horay. Hasil penelitian: (1) persentase ketuntasan belajar klasikal tes akhir tindakan pada siklus I mencapai 57,14?n pada siklus II mencapai 80,95%, (2) hasil observasi aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor total 57 atau berada pada kategori sangat baik, dan siklus II memperoleh skor total 59 atau berada pada kategori sangat baik. (3) hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor total 52 atau berada pada kategori sangat baik. dan siklus II memperoleh skor total 58 atau berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Suku Banyak di Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 9 Palu. Kata kunci: model pembelajaran, kooperatif, Course Review Horay, hasil belajar, suku banyak. ABSTRACT Siti Nurfatimah. 2021. Application of the Course Review Horay Cooperative Learning Model to Improve Student Learning Outcomes on Multiethnic Materials in Class XI MIA 2 SMA Negeri 9 Palu. Essay. Mathematics Education Study Program, Department of Mathematics and Natural Sciences Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Supervisor (1) Dasa Ismaimuza (2) Tegoeh S, Karniman. The purpose of this study was to obtain a description of the Application of the Course Review Horay Cooperative Learning Model to Improve Student Learning Outcomes on Multiethnic Materials in Class XI MIA 2 SMA Negeri 9 Palu. This research is a ClasSYDoom Action Research (CAR) which refers to the research design of Kemmis and Mc. Taggart namely (1) planning, (2) implementation of action, (3) observation and (4) reflection. The subjects of this study were 3 students. This research was conducted in two cycles. Application of the Cooperative Learning Model Type Course Review Horay to Improve Student Learning Outcomes on Multiethnic Materials in Class XI MIA 2 SMA Negeri 9 Palu, through the following stages: (1) course, (2) review, (3) Horay. The results of the study: (1) the percentage of classical learning completeness on the final action test in the first cycle reached 57.14% and in the second cycle it reached 80.95%, (2) the results of observing teacher activities in the first cycle obtained a total score of 57 or were in the very category. good, and cycle II obtained a total score of 59 or was in the very good category. (3) the results of observing student activities in the first cycle obtained a total score of 52 or were in the very good category. and the second cycle obtained a total score of 58 or was in the very good category. Based on the results of the study, it can be concluded that the application of the Cooperative Learning Model Type Course Review Horay can Improve Student Learning Outcomes on Multiethnic Materials in Class XI MIA 2 SMA Negeri 9 Palu. Keywords: learning model, cooperative, Course Review Horay, learning outcomes, ethnic groups.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up