Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B MTs NURUL FALAH PALU MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA MATERI UNTUNG DAN RUGI
Nama: ISTIQOMAH
Tahun: 2021
Abstrak
Istiqomah. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas VII B MTs Nurul Falah Palu melalui penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada materi untung dan rugi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Sutji Rochaminah (II) Muh. Hasbi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi untung dan rugi di kelas VII B MTs Nurul Falah Palu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian Arikunto yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B MTs Nurul Falah Palu yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes akhir siklus I terdapat 11 orang siswa tuntas dan 9 siswa tidak tuntas dengan persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 55%, sedangkan pada siklus II terdapat 16 siswa tuntas dan 4 siswa tidak tuntas dengan persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 80%. Hasil observasi siklus I menunjukkan bahwa aktivitas guru dan kelompok siswa berada pada kategori baik, sedangkan pada siklus II aktivitas guru dan kelompok siswa berada pada kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Matematic Education dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi untung dan rugi kelas VII B MTs Nurul Falah Palu melalui langkah-langkah sebagai berikut: 1) memahami masalah kontekstual, pada tahap ini guru menyajikan masalah kontekstual dalam LKPD dan siswa berdiskusi dalam kelompoknya untuk memahami masalah yang diberikan oleh guru, 2) Menjelaskan masalah, guru memberikan bantuan seperlunya berupa pertanyaan yang dapat mengarahkan siswa untuk menyelesaikan masalah 3) menyelesaikan masalah, siswa dalam setiap kelompok bekerja sama menyelesaikan masalah menggunakan alat peraga dengan mengikuti langkah-langkah pengerjaan di LKPD, 4) membandingkan dan mendiskusikan jawaban, masing-masing perwakilan kelompok secara bergiliran mempresentasikan jawaban dari penyelesaian masalah dan anggota kelompok lainnya membandingkan jawaban yang mereka peroleh dengan jawaban yang dipresentasikan oleh kelompok penyaji, 5) menyimpulkan, guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang baru saja dipelajari. Alat peraga yang digunakan adalah uang mainan. Kata kunci: pendekatan Realistic Mathematic Education (RME), hasil belajar, untung dan rugi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up