Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIIIA SMP NEGERI 7 PALU
Nama: AGREYSIA CITA P.S
Tahun: 2023
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Saintifik dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan pokok bahasan menentukan nilai variabel dengan menggunakan metode subtitusi, eliminasi dan grafik di kelas VIIIA SMP Negeri 7 Palu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I banyaknya siswa yang tuntas yakni 14 siswa dengan persentase KBK 70,00?n pada siklus II banyak siswa yang tuntas yakni 16 siswa dengan persentase KBK 80,00%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Subjek penelitian ini sebanyak 20 siswa dan dipilih tiga sebagai informan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIIIA SMP Negeri 7 Palu yaitu mengikuti fase-fase sebagai berikut: 1) Mengamati (Observing), 2) Menanya (Questioning), 3) Menalar (Assosiating), 4) Mencoba (Eksperimenting) dan 5) Membentuk jejaring (Networking). Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, hasil belajar, sistem persamaan linear dua variabel.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up