Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Koopertaif Tipe Pair Check Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Fungsi Kuadrat Di Kelas X IPA 4 SMA Negeri 7 Palu
Nama: SUCI MUQADDIMATUL JANNAH
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Suci Muqaddimatul Jannah. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Koopertaif Tipe Pair Check untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta didik pada Materi Fungsi Kuadrat di Kelas X IPA 4 SMA Negeri 7 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ibnu Hadjar dan Bakri, M. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi aktivitas pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe pair check yang dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada materi fungsi kuadrat di kelas X IPA 4 SMA Negeri 7 Palu. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc.Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini seluruh peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 7 Palu. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada materi fungsi kuadrat di kelas X IPA 4 SMA Negeri 7 Palu melalui fase-fase sebagai berikut : (1) bekerja berpasangan, pada fase ini peneliti memberikan LKPD kemudian mengarahkan peserta didik yang berperan sebagai penyaji untuk mengerjakan soal latihan secara mandiri dan peserta didik yang berperan sebagai pelatih membimbing dan mengamati dengan cermat pekerjaan pasangannya, (2) pelatih mengecek, pada fase ini peneliti mengarahkan peserta didik yang berperan sebagai pelatih memeriksa hasil pekerjaan pasangannya dan juga memberi pertanyaan atau komentar sehingga peserta didik dilatih untuk teliti dan mengungkapkan pendapatnya, (3) pelatih memberi pujian, pada fase ini peneliti mengarahkan pelatih memberikan pujian kepada penyaji jika telah sepakat dengan jawaban dari penyaji sehingga suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, (4) pelatih dan penyaji saling bertukar peran, pada fase ini peneliti mengarahkan didik saling bertukar peran (penyaji menjadi pelatih dan pelatih menjadi penyaji) agar setiap peserta didik dapat merasakan peran sebagai penyaji dan pelatih serta tugas yang harus dilakukan sesuai perannya kemudian penyaji melanjutkan mengerjakan soal latihan pada LKPD, (5) pelatih mengecek, pada fase ini peneliti mengarahkan peserta didik yang telah bertukar peran menjadi pelatih untuk memeriksa hasil pekerjaan pasangannya dan juga memberi pertanyaan atau komentar, (6) pelatih memberi pujian, pada fase ini peneliti kembali mengarahkan peserta didik yang berperansebagai pelatih memberikan pujian kepada penyaji jika telah sepakat dengan jawaban dari penyaji, (7) pasangan mengecek, pada fase ini peneliti mengarahkan setiap pasangan dalam satu kelompok berkumpul untuk saling membandingkan hasil pekerjaan mereka dengan pasangan lainnya dalam satu kelompok, (8) perayan kelompok, pada fase ini setiap kelompok yang bekerja dengan baik mendapat penghargaan berupa acungan jempol dan kata pujian mantap sehingga peserta didik dapat termotivasi untuk belajar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Pair Check, Prestasi Belajar, Fungsi Kuadrat.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up