Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B MTs Negeri 1 Donggala Pada Materi Persamaan Garis Lurus
Nama: RIDHA BUANA
Tahun: 2019
Abstrak
Ridha Buana. 2019. Penerapan Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B MTs Negeri 1 Donggala pada Materi Persamaan Garis Lurus. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Ilmu Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Sukayasa (II) I Nyoman Murdiana. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model quantum teaching yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B MTs Negeri 1 Donggala pada materi persamaan garis lurus. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model penelitian tindakan kelas oleh Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan, refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Negeri 1 Donggala dengan jumlah keseluruhan 29 siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 dan dipilih tiga siswa sebagai informan. Kriteria keberhasilan tindakan pada penelitian ini yaitu: (1) data aktivitas guru dengan menggunakan model quantum teaching pada lembar observasi minimal berkategori baik pada setiap siklus, (2) data aktivitas siswa dengan menggunakan model quantum teaching pada lembar observasi minimal berkategori baik pada setiap siklus, (3) hasil tes akhir tindakan siklus 1 dan siklus 2 yang dipeoleh siswa lebih dari atau sama dengan 68. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model quantum teaching, hasil belajar siswa meningkat, dengan mengikuti fase-fase model quantum teaching sebagai berikut: (1) tumbuhkan, (2) alami, (3) namai, (4) demonstrasi, (5) ulangi, (6) rayakan. Pada langkah 1 peneliti memberikan motivasi kepada siswa; pada langkah 2 siswa melakukan proses mengalami dalam menemukan konsep materi melalui diskusi kelompok; pada langkah 3 peneliti bersama siswa memberikan nama pada konsep yang telah ditemukan pada fase alami dan peneliti menjelaskan konsep tersebut; pada langkah 4 peneliti memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyajikan hasil kerja kelompok di papan tulis; pada langkah 5 siswa memberikan kesimpulan tentang konsep persamaan garis lurus yang telah diperoleh saat pembelajaran; dan pada langkah 6 peneliti memberikan penghargaan berupa hadiah kepada setiap kelompok. Kata kunci: Quantum teaching, hasil belajar, persamaan garis lurus

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up