JudulPenerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Siswa Kelas XI TKJ A SMK Negeri 3 Palu |
Nama: NI KADEK NOVITASARI |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Ni Kadek Novitasari. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Siswa Kelas XI TKJ A SMK Negeri 3 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematikan dan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Sudarman Bennu, (II) M. Nur Yadil Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi turunan kelas XI TKJ A SMKN 3 Palu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model TGT untuk meningkatkan hasil belajar pada mater i turunan fungsi aljabar siswa kelas XI TKJ A SMK Negeri 3 Palu. Pada model TGT ada aktivitas kelompok dan aktivitas individu yang dilaksanakan dalam satu pertemuan. Model TGT dilaksanakan dalam 5 fase. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklusnya melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil observasi aktivitas guru siklus I dan siklus II memperoleh kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Persentase ketuntasan belajar klasikal siklus I 56,6?n mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 80%. Dari hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan penerapan model TGT dapat meningkatkan Hasil belajar pada materi turunan fungsi aljabar siswa kelas XI TKJ A SMK Negeri 3 Palu. Kata kunci: Model TGT, hasil belajar, turunan fungsi aljabar |