Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA TEOREMA PHYTAGORAS DI KELAS VIII E SMP NEGERI 2 PALU
Nama: GRACE S DURUKA
Tahun: 2019
Abstrak
Grace Silvana Duruka. 2019. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita teorema Phytagoras di kelas VIII E SMP Negeri 2 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Baharuddin Paloloang (II) Sudarman Bennu Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita teorema Phytagoras di kelas VIII E SMP Negeri 2 Palu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil observasi aktivitas guru siklus I dan siklus II memperoleh kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Persentase ketuntasan belajar klasikal siklus I 71,42?n pada siklus II sebesar 78,57%. Dari hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita teorema Phytagoras di kelas VIII E SMP Negeri 2 Palu dengan mengikuti fase-fase sebagai berikut: 1) menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, 2) menyajikan informasi, 3) mengorganisir siswa ke dalam tim-tim belajar, 4) membantu kerja tim dan belajar, 5) mengevaluasi, dan 6) memberikan pengakuan dan penghargaan. Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick, hasil belajar, teorema Phytagoras Grace Silvana Duruka. 2019. The application of the talking stick type cooperative learning model to improve student learning outcomes in solving the Phytagorean theorem story problems in class VIII E of SMP Negeri 2 Palu. Thesis. Mathematics Education Study Program, Department of Mathematics and Natural Sciences, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Advisor (I) Baharuddin Paloloang (II) Sudarman Bennu. The purpose of this study was to obtain a description of the application of the talking stick type cooperative learning model in an effort to improve student learning outcomes in solving the Phytagorean theorem story problem in class VIII E of SMP Negeri 2 Palu. This research is a class action research that refers to the research design of Kemmis and Mc. Taggart, namely 1) planning, 2) action, 3) observation, and 4) Reflection. This research was conducted in two cycles. The results showed that the observations of the activities of the first and second cycles of the teacher obtained very good success criteria. The results of observations of the activities of students in cycle I are getting good success criteria, and having an increase in cycle II that is getting very good success criteria. The percentage of classical learning completeness in the first cycle was 71.42% and in the second cycle was 78.57%. From the research results obtained, it can be concluded that the application of the talking stick cooperative learning model can improve student learning outcomes in solving the Pythagorean theorem story problem in class VIII E SMP Negeri 2 Palu by following the phases as follows: 1) conveying the objectives and preparing students, 2) presents information, 3) organizes students into learning teams, 4) helps team work and learning, 5) evaluates, and 6) gives recognition and appreciation. Keywords: Cooperative learning model talking stick type, learning outcomes, the Pythagorean theorem.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up