JudulHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 TOLITOLI UTARA |
Nama: FAHRI DARWIN |
Tahun: 2020 |
Abstrak FAHRI, 2020. Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design di Kelas VII SMP Negeri 3 Tolitoli Utara.Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Penurunan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dapat dilihat dari rata-rata hasil ujian nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah Tsanawiah (MTs) tahun 2017 dan 2018, yang turun dari 50,31 ke 43,32 poin. Penurunan hasil belajar matematika ini juga terjadi di SMP Negeri 3 Tolitoli Utara, yakni dari 56,15 ke 42,83 poin. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Meaningful Instructional Design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Meaningful Instructional Design dibandingkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 3 Tolitoli Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tolitoli Utara tahun ajaran 2018/2019 sejumlah 40 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini ialah teknik sensus, dan teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Hasil penelitian penulis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Meaningful Instructional Design dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Meaningful Instructional Design, Hasil Belajar. |