Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 7 Palu Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Prisma
Nama: RINA RATMELIA
Tahun: 2019
Abstrak
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian ini mengacu pada model yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat komponen yaitu (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 7 Palu yang berjumlah 24 orang yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan alat peraga sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 7 Palu pada materi luas permukaan dan volume prisma. Permasalahan pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa di kelas VIIIB SMP Negeri 7 Palu yang masih rendah khususnya pada materi luas permukaan dan volume prisma yaitu: (1) Siswa tidak aktif dalam pembelajaran, (2) Siswa kurang termotivasi dalam pembelajaran, (3) Siswa mudah lupa terhadap pembelajaran, (4) Pembelajaran masih terpusat pada guru, (5) Siswa tidak mampu menemukan serta menentukan luas permukaan dan volume prisma. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus I membahas tentang luas permukaan prisma, siklus II membahas tentang volume prisma. Pada saat peneliti melakukan observasi pada siklus I, yaitu observasi terhadap aktivitas guru dikategori baik dan observasi aktivitas siswa dikategori cukup baik kemudian pada siklus II mengalami peningkatan, observasi terhadap aktivitas guru termasuk dalam kategori sangat baik dan observasi aktivitas siswa dikategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIIIB SMP Negeri 7 Palu pada materi luas permukaan dan volume prisma. Hal ini ditunjukkan dengan siswa dapat melakukan penemuan rumus dan menyelesaikan soal tentang luas permukaan prisma pada siklus I dan volume prisma pada siklus II melalui tes.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up