Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VIIA
Nama: Mega Prasitya
Tahun: 2019
Abstrak
Mega Prasitya. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar peserta didik pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di Kelas VIIA SMP Negeri 12 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I Baharuddin Paloloang, Pembimbing II I Nyoman Murdiana. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di Kelas VIIA SMP Negeri 12 Palu. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini sebanyak 23 peserta didik dan dipilih tiga orang sebagai informan. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Pada siklus I banyak peserta didik yang tuntas yakni 17 peserta didik dengan persentase ketuntasan 74?n pada siklus II banyak peserta didik yang tuntas yakni 19 peserta didik dengan persentase ketuntasan 82,60%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I berada pada kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 12 Palu pada materi pertidaksamaan linear satu variabel, dengan delapan komponen yaitu: 1) placement test, 2) team, 3) teaching group, 4) student creative, 5) team study, 6) whole class unit, 7) fact test, 8) team scores and team recognition. Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe TAI; hasil belajar; pertidaksamaan linear satu variabel.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up