JudulMENGEKSPLORASI PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 PALU TENTANG SEGITIGA YANG BERBEDA ORIENTASI BERDASARKAN GENDER YANG BERKEMAMPUAN TINGGI |
Nama: GILBERTH DEOENGO |
Tahun: 2020 |
Abstrak Gilberth Deoengo. 2020. Mengeksplorasi Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Palu Tentang Segitiga yang Berbeda Orientasi Berdasarkan Gender yang Berkemampuan Tinggi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Usman H.B. Pembimbing (II) Bakri M Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman siswa SMP Negeri 12 Palu dalam memahami bentuk segitiga yang berbeda orientasi berdasarkan gender yang berkemampuan tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dipilih berdasarkan purposive sampling, adapun karakteristik utama dalam memilih subjek adalah “siswa yang memiliki kemampuan tinggi”. Dua subjek yang dipilih yaitu siswa laki-laki (LK) dan siswa perempuan (PR) yang memiliki kemampuan tinggi. Penelitian ini menghasilkan 2 kategori yaitu, “Mengidentifikasi bangun berdasarkan bentuk geometri yang diobservasi” dan “Mendeskripsikan suatu bangun berdasarkan sifat”. Berdasarkan kategori tersebut, hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Subjek LK dan PR mampu Mengidentifikasi bangun berdasarkan bentuk geometri yang diobservasi dengan cara pengamatan pada suatu simbol yang menunjukan sudut segitiga tersebut siku-siku dan menunjukan bahwa setiga tersebut mempunyai besar sudut 900 yang merupakan salah satu ciri dari segitiga siku-siku serta kedua subjek mengetahui bentuk suatu segitiga siku-siku maupun segitiga sama sisi yang bentuknya sama tetapi dengan bentuk yang terbalik atau diputar. 2) Subjek LK mendeskripsikan segitiga siku-siku yaitu mempunyai simbol yang menunjukan sudut siku-siku dan mempunyai sudut 900 dan mendeskripsikian segitiga sama sisi yaitu dengan melihat sisi-sisi dari segitiga yang panjangnya sama. Sedangkan subjek PR mendeskripsikan segitiga siku-siku yaitu mempunyai simbol yang menunjukan sudut siku-siku dan mendeskripsikian segitiga sama sisi yaitu dengan melihat sisi?sisi dari segitiga yang panjangnya sama. Jadi, kedua subjek mampu mendeskripsikan bangun berdasarkan sifat-sifat bangun tersebut Kata Kunci: Pemahaman; Gender; Geometri. |