Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 21 SIGI
Nama: IKA SAFITRI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Ika Safitri (2021). Penerapan model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Khususnya Untung, Rugi, Persentase Untung dan Rugi di Kelas VII SMPN 21 Sgi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matemateka dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Anggraini (2) Muh. Rizal. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Aritmatika Sosial Khususnya Untung, Rugi, Persentase Untung dan Rugi di Kelas VII SMPN 21 Sigi. Jenis penelitian ini nadalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Adapun data yang digunakan yaitu data hasil wawancara, data observasi, data catatan lapangan, serta data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial khususnya untung, rugi, persentase untung dan rugi dikelas VII SMPN 21 Sigi melalui tahap-tahap sebagai berikut: 1) orientasi siswa pada masalah, 2) mengorganisasikan siswa untuk belajar, 3) membantu penyeledikian individual maupun kelompok, 4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, 5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Adapun hasil observasi aktivitas guru dikelas pada siklus I adalah 67,5% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86,25%. Untuk hasil observasi aktivitas siswa dikelas pada siklus I adalah 65% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83,75%. Adapun hasil dari persentase ketuntasan belajar klasikal pada tes akhir tindakan siklus I adalah 40,90% sedangkan pada siklus II analisis tes akhir tindakan siswa meningkat menjadi 78,94%. Kata kunci: Model Problem Based Learning; Hasil belajar; Untung, Rugi, Persentase Untung dan Rugi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up