JudulANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMPN MODEL TERPADU MADANI PALU |
Nama: YEKRI SANDI TOBIGO |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Yekri, 2021. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat di kelas VII SMPN Model Terpadu Madani Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Drs. Baharuddin, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis–jenis kesalahan yang dilakukan siswa berkemampuan tinggi dan siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini diambil 2 dari 31 siswa kelas VII Hasan Bahasoan SMPN Model Terpadu Madani Palu, yang terdiri dari satu siswa berkemampuan tinggi dan satu siswa berkemampuan rendah. Hasil penelitian ini adalah (1) kesalahan yang dilakukan oleh subjek MK berupa kesalahan prosedur yaitu subjek MK tidak menyusun langkah-langkah yang hierarkis dan sistematis dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat. (2) kesalahan yang dilakukan oleh subjek IW berupa kesalahan konsep yaitu subjek IW tidak memahami konsep, istilah dan teorema operasi hitung bilangan bulat dalam menyelesaikan masalah. Subjek IW juga melakukan kesalahan prosedur, yaitu subjek IW tidak mampu memanipulasi langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Konsep, Prosedur, Operasi Hitung Bilangan Bulat |