Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERMUTASI DAN KOMBINASI KELAS XI TKJA SMK NEGERI 5 PALU
Nama: DEWI NUR MUTMAINAH
Tahun: 2020
Abstrak
Dewi Nur Mutmainah. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita permutasi dan kombinasi di Kelas XI TKJ A SMK Negeri 5 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako Pembimbing (I) Abd.Hamid (II) Nurhayadi Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model Problem Based Learnng (PBL) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKJ A SMK Negeri 5 Palu pada materi soal cerita permutasi dan kombinasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model PBL yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan mengikuti langkah-langkah, yaitu (1) orientasi siswa pada masalah, peneliti menjelaskan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi kepada siswa berkaitan dengan kehidupan sehari-hari serta memberikan masalah seperti yang ditunjukan pada LKPD, dan mengajak siswa terlibat dalam pemecahan masalah tersebut. (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar, peneliti membentuk siswa kedalam beberapa kelompok belajar dan membantu siswa mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah. (3) membantu penyelidikan individual maupun kelompok, peneliti meminta siswa untuk memperhatikan dan mencari jawaban yang tepat untuk masalah yang ada pada LKPD. (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, peneliti meminta salah satu siswa untuk mempresentasikan hasil pemecahan masalah pada LKPD selanjutnya memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau mengomentari hasil presentasi yang dibawakan oleh temannya dan (5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, peneliti membantu menganalisis dan merefleksi kegiatan yang telah dilalui. Dari hasil analisis tes akhir tindakan siklus I dan siklus II yang diikuti oleh seluruh siswa kelas XI TKJ A yang berjumlah 20 siswa menunjukkan bahwa pada siklus I persentase ketuntasan belajar klasikal yaitu sebesar 60?n meningkat pada siklus II menjadi 83,33%. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yang telah berhasil mencapai persentase ketuntasan belajar klasikal yang diharapkan yaitu 70%. Hasil observasi guru pada siklus I berkategori sangat baik, dan hasil observasi siswa pada siklus I juga berada pada kategori baik, dan pada siklus II Hasil Observasi guru juga berkategori sangat baik, dan hasil observasi siswa juga berkategori sangat baik . Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada aktivitas guru dan siswa dari siklus I ke siklus II yang telah berhasil mencapai kategori yang diharapakan. hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi soal cerita permutasi dan kombinasi di kelas XI TKJ A SMK Negeri 5 Palu. Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL); hasil belajar; permutasi dan kombinasi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up