JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF T IPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SINDUE PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL |
Nama: NADIAH NATALIA ALFIAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak Nadiah Natalia Alfiah. 2020. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Sindue pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Sutji Rochaminah (II) Baharuddin ?Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Sindue pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil observasi aktivitas guru siklus I dan siklus II memperoleh kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Persentase ketuntasan belajar klasikal siklus I 67,85?n pada siklus II sebesar 79,31%. Dari hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Sindue pada materi sistem persamaan linear tiga variabel dengan mengikuti fase-fase sebagai berikut: 1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, 2) menyajikan informasi (think), pada tahap ini guru menyajikan materi, membagikan LKPD yang diselesaikan secara mandiri; 3) mengorganisir siswa ke dalam kelompok (pair), pada tahap ini menempatkan siswa kedalam beberapa kelompok yang beranggotakan dua orang siswa, mempersilahkan siswa melakukan diskusi mengenai pembahasan pada tahap sebelumnya; 4) membimbing kelompok bekerja dan belajar, pada tahap ini memberikan bantuan scaffolding dan bimbingan seperlunya kepada siswa; 5) mengevaluasi (share), pada tahap ini siswa perwakilan kelompok mempresentasekan pekerjaan kelompoknya; dan 6) memberikan penghargaan, pada tahap ini kelompok aktif diberikan penghargaan. Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, hasil belajar, sistem persamaan linear tiga variabel. |