Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Perseorangan Dan Kelompok Kecil (PPKK) Pada Materi Aritmatika Sosial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Sunan Giri Smp Al-khairaat 1 Palu
Nama: YULIANTI
Tahun: 2019
Abstrak
YULIANTI,2019. Penerapan Model Pembelajaran Perseorangan dan Kelompok Kecil (PPKK) Pada Materi Aritmatika Sosial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Sunan Giri SMP Al-khairaat 1 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematikan dan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Marinus Barra’ Tandiayuk (II) H. Muh. Rizal Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model PPKK Pada Materi Aritmatika Sosial untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII Sunan Giri SMP Al-khairaat 1 Palu. Pada model PPKK ada aktivitas perseorangan dan aktivitas kelompok yang dilaksanakan dalam satu pertemuan. Model PPKK dilaksanakan dalam 5 fase yaitu: (1) pembukaan/pengantar, (2) informasi,demonstrasi dan aktifitas perseorangan, (3) informasi dan aktivitas kelompok, (4) kuis evaluasi, (5) penutup. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklusnya melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil observasi aktivitas guru siklus I dan siklus II memperoleh kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Persentase ketuntasan belajar klasikal siklus I 71,43?n mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 81,25%. Dari hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan penerapan model PPKK dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII Sunan Giri SMP Al-khairaat 1 Palu pada materi Aritmatika Sosial Kata kunci: Model PPKK, hasil belajar, diskon dan pajak

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up