Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 4 PALU DITINJAU DARI JENIS KELAMIN
Nama: DEVI AYU SARI
Tahun: 2020
Abstrak
Devi Ayu Sari. 2020. Profil Pemecahan Masalah Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai Siswa di Kelas VII SMP Negeri 4 Palu Ditinjau dari Jenis Kelamin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Maxinus Jaeng, Pembimbing (II) Bakri M. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh profil pemecahan masalah perbandingan senilai dan berbalik nilai siswa di kelas VII SMP Negeri 4 Palu ditinjau dari jenis kelamin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini ada 2 orang terdiri dari 1 orang siswa laki-laki berkemampuan tinggi (SLT) dan 1 orang siswa perempuan berkemampuan tinggi (SPT). Pemecahan masalah pada penelitian ini mengacu pada langkah-langkah pemecahan masalah Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) siswa laki-laki berkemampuan tinggi (SLT): a) memahami masalah no 1 dan 2, siswa dapat dengan baik memahami masalah yang diberikan. b) membuat rencana pemecahan soal no 1 dan 2, siswa sudah dengan baik membuat perencanaan pemecahan masalah. c) melaksanakan rencana pemecahan masalah soal no 1 dan 2, siswa sudah dapat dengan baik melaksanakan rencana pemecahan masalah yang dia susun sebelumnya. d) memeriksa kembali, siswa sudah mampu memenuhi tahapan pemeriksaan kembali, namun siswa tidak mensubtitusi ulang jawaban yang diperoleh kedalam rumus. (2) siswa perempuan berkemampuan tinggi (SPT): a) memahami masalah no 1 siswa belum memahami masalah dengan baik, soal no 2 siswa sudah dapat memahami masalah dengan baik. b) membuat rencana pemecahan soal no 1 siswa belum membuat perencanaan pemecahan masalah dengan baik, soal no 2 siswa sudah membuat perencanaan dengan baik. c) melaksanakan rencana pemecahan masalah soal no 1 dan 2 siswa belum mampu memenuhi tahap pelaksanaan rencana pemecahan masalah dengan baik. d) memeriksa kembali, siswa belum mampu memenuhi tahapan pemeriksaan kembali untuk soal no 1 dan no 2. Kata Kunci: Profil Pemecahan Masalah; Masalah Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai; Jenis Kelamin.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up