JudulProfil Pengetahuan Konseptual Dan Pengetahuan Prosedural Siswa Kelas XII SMA Negeri 5 Palu Dalam Menyelesaikan Soal Limit Fungsi Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika |
Nama: Siti Hardianti |
Tahun: 2019 |
Abstrak Siti Hardianti. 2019. Profil Pengetahuan Konseptual dan Pengetahuan Prosedural Siswa Kelas XII SMA Negeri 5 Palu dalam Menyelesaikan Soal Limit Fungsi Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika. Skripsi, program studi pendidikan matematika, Jurusan PMIPA FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Prof. Dr. Maxinus Jaeng, M.Pd, (II) Drs. I Nyoman Murdiana, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai profil pengetahuan konseptual dan pengetahuan prosedural siswa kelas XII SMA Negeri 5 Palu dalam menyelesaikan soal limit fungsi berdasarkan tingkat kemampuan matematika. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 orang siswa. Pemilihan subjek dalam penelitian ini diperoleh dengan mengelompokkan tingkat kemampuan siswa berdasarkan nilai ulangan harian siswa materi limit fungsi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes tertulis dan wawancara mendalam.Tes yang diberikan pada subjek penelitian adalah tes materi limit fungsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pengetahuan konseptual siswa yang berkemampuan tinggi dapat mengklasifikasikan bentuk-bentuk limit fungsi menurut sifat-sifatnya, menyajikan limit fungsi dalam bentuk model matematika. Profil pengetahuan konseptual siswa yang berkemampuan sedang dapat mengklasifikasikan bentuk-bentuk limit fungsi menurut sifat-sifatnya. Sedangkan siswa yang berkemampuan rendah tidak dapat menunjukkan profil pengetahuan konseptual dalam menyelesaikan soal limit fungsi. Adapun profil pengetahuan prosedural siswa yang berkemampuan tinggi dapatmenentukan strategi/langkah yang tepat dalam menyelesaikan soal serta mengkomunikasikan proses penyelesaian ?ax?^2+bx+c=0 kedalam bentuk faktor-faktornya, mengurutkan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal mulai dari menentukan yang diketahui dan ditanyakan dari soal, menggunakan cara penyelesaian yang tepat sampai menentukan nilai limitnya, menunjukkan langkah penyelesaian yang salah dan menjelaskan alasannya dari suatu masalah yang diberikan. Profil pengetahuan prosedural siswa yang berkemampuan sedangdapatmengurutkan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal mulai dari menentukan yang diketahui dan ditanyakan dari soal dan menunjukkan langkah penyelesaian yang salah. Profil pengetahuan prosedural siswa yang berkemampuan rendah dapatmengurutkan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal mulai dari menentukan yang diketahui dan ditanyakan dari soal. Kata kunci : Profil Pengetahuan Konseptual, Profil Pengetahuan Prosedural, Limit Fungsi |