Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI DI KELAS X TKJ B SMK NEGERI 5 PALU
Nama: SITI UMNIAH MUTIARA
Tahun: 2020
Abstrak
Siti Umniah Mutiara. 2020. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perbandingan Trigonometri di Kelas X TKJ B SMK Negeri 5 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako Pembimbing (I) Drs. Baharudding Paloloang, M.Si (II) Dr. Muh. Rizal, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang Penerapan Model Problem Based Learnng (PBL) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ B SMK Negeri 5 Palu pada materi Perbandingan Trigonometri. Desain penelitian Arikunto. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model PBL yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan mengikuti langkah-langkah, yaitu (1) menjelaskan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi berupa masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, (2) membentuk siswa menjadi 4 kelompok untuk menyelesaikan LKPD, (3) mendorong dan membimbing siswa untuk menyelesaikan LKPD, (4) siswa mempresentasikan hasil pekerjaan tiap kelompok, dan (5) membantu siswa menyimpulkan kegiatan yang telah dilalui. Dari hasil analisis tes akhir tindakan siklus yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X TKJ B yang berjumlah 20 siswa menunjukkan bahwa pada siklus I presentase ketuntasan belajar klasikal yaitu sebesar 45?n meningkat pada siklus II menjadi 85%. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yang telah berhasil mencapai presentase ketuntasan belajar klasial yang mencapai lebih dari atau sama dengan 70%. Hasil observasi guru pada siklus I berkategori baik, dan hasil observasi siswa pada siklus I juga berada pada kategori baik, dan pada siklus II Hasil Observasi guru juga berkategori sangat baik, dan hasil observasi siswa juga berkategori sangat baik . Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada aktivitas guru dan siswa dari siklus I ke siklus II yang telah berhasil mencapai kategori yang diharapakan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perbandingan trigonometri di kelas X TKJ B SMK Negeri 5 Palu. Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL); hasil belajar; perbandingan trigonometri.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up