Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME PRISMA DI KELAS VIII A SMP KRISTEN GPID PALU
Nama: NI GUSTI AYU KARTIA DEWI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Ni Gusti Ayu Kartia Dewi, 2020. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Luas Permukaan dan Volume Prisma di Kelas VIII A SMP Kristen GPID Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Muh. Hasbi, Pembimbing (II) I Nyoman Murdiana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model discovery learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume prisma di kelas VIII A SMP Kristen GPID Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian yang dilakukan mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu (1) perencanaan; (2) tindakan; (3) pengamatan; dan (4) refleksi. Penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Kristen GPID Palu, dengan banyak siswa 16 orang, yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian menujukkan bahwa hasil observasi aktivitas guru siklus I yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Persentase ketuntasan belajar klasikal siklus I sebesar 67?n pada siklus II sebesar 81%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mengikuti fase-fase model discovery learning, yakni: (1) stimulasi atau pemberian rangsang (stimulation), pada fase ini guru memberikan permasalahan tentang luas permukaan dan volume prisma, (2) pernyataan atau identifikasi masalah (problem statment), pada fase ini guru meminta siswa untuk membuat hipotesis dari permasalahan pada fase pertama, (3) pengumpulan data (data collection), pada fase ini guru mempersilahkan siswa untuk mengumpulkan informasi yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan, (4) pengolahan data (data processing), pada fase ini guru meminta siswa untuk mengisi LKS bersama teman kelompoknya dan persentasi di depan kelas, (5) pembuktian (verification), pada fase ini guru meminta siswa mengerjakan LKS 2 yaitu membuktikan kembali rumus yang telah diperoleh dengan cara yang berbeda sehingga memperoleh konsep yang sama, dan (6) menarik kesimpulan dan generalisasi (generalization) yaitu menyimpulkan materi yang dipelajari. Kata Kunci : Model pembelajaran, discovery learning, prestasi belajar, luas permukaan dan volume prisma ABSTRACT Ni Gusti Ayu Kartia Dewi, 2020. Application of Discovery Learning Model to Improve Student Learning Achievement in Surface Area Material and Prisma Volume in Grade VIII A Kristen GPID junior high school, Palu. Thesis. Mathematics Education Study Program, Department of Mathematics and Natural Sciences Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Supervisor (I) Muh. Hasbi, Supervisor (II) I Nyoman Murdiana. The purpose of this research is to describe the application of discovery learning model to improve students' learning achievement in surface area material and prism volume in grade VIII A Kristen GPID junior high school, Palu. The type of research is class action research (PTK). The design of the research refers to the research design of Kemmis and Mc. Taggart which consists of four components, namely (1) planning; (2) action; (3) observation; and (4) reflection. This research conducted in two cycles. The subject of the study was a grade VIII student at GPID Palu, Christian Junior High School, with 16 students, consisting of 7 male students and 9 female students. The results of the study showed that the observation results of the activities of teachers in cycle I are obtaining the criteria of good success level, and have improved in cycle II, that is obtaining the criteria of excellent success level. The percentage of classical learning completion of cycle I is 67% and in cycle II is 81%. The results of this study showed that the application of discovery learning model can improve student learning achievement by following the phases of discovery learning model, namely: (1) stimulation or stimulation, in this phase the teacher gives problems about surface area and prism volume, (2) statement or problem identification (problem statement), in this phase the teacher asks students to hypothesize from the problem in the first phase, (3) data collection, in this phase the teacher invites students to collect information that used to solve problems, (4) data processing, in this phase the teacher asks students to fill out the LKS with their group friends and percentage in front of the class, (5) verification, in this phase the teacher asks students to do LKS 2 which is to prove the formula that has been obtained in a different way so as to obtain the same concept , and (6) draw conclusions and generalizations that are concluding the material studied. Keywords: Learning model, discovery learning, learning achievement, surface area and prism volume

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up