Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN DUA VARIABEL DI KELAS X AP1 SMK NURUL ISLAM TAWAELI PALU
Nama: RAHMI AGUSTIN
Tahun: 2020
Abstrak
Rahmi Agustin, 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Dua Variabel Di Kelas X SMK Nurul Islam Tawaeli Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Sukayasa dan Pembimbing (II) Linawati. Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa pada materi sistem persamaan dua variabel yang dilihat dari masih banyak siswa yang belum memahami konsep sistem persamaan dua variabel dan kurangnya minat serta motivasi belajar siswa di kelas. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi sistem persamaan dua variabel di kelas X AP1 SMK Nurul Islam Tawaeli Palu. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan MC. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AP1 SMK Nurul Islam Tawaeli Palu. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengikuti langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) yaitu 1) memberi apersepsi dan motivasi siswa, 2) membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil siswa yang beranggotakan 2 orang setiap kelompok, 3) menyajikan informasi dan mengajukan pertanyaan, (4) berpikir individu (think), (5) diskusi dengan teman kelompok (pair), (6) membagikan hasil diskusi dengan teman kelompok (share), (7) menarik kesimpulan, (8) evaluasi. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa yang ditunjukan dengan adanya perubahan pemahaman siswa pada siklus I menjadi lebih baik pada siklus II. Perubahan pemahaman siswa dapat dilihat dari hasil analisis tes akhir tindakan siswa pada siklus I sebesar 43,75?n meningkat pada siklus II sebesar 81,2%. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share, Kemampuan Pemahaman Matematis, Sistem Persamaan Dua Variabel.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up