Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Kesalahan Konseptual Dan Prosedural Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Tiga Varibel DiKelas X IIK MAN 2 Palu
Nama: SARNILA
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Sarnila. 2019. Profil Kesalahan Konseptual dan Prosedural Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Tiga Varibel diKelas X IIK MAN 2 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dasa Ismaimuza (II) Abd. Hamid. Penelitian ini bertujuan untuk1) Mendeskripsikan profil kesalahan konseptual siswa kelas XIIK MAN 2 Palu dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaaan linier tiga variabel 2) Mendeskripsikan profil kesalahan prosedural siswa kelas XIIK MAN 2 Palu dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaaan linier tiga variabel.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIK MAN 2 Palu yang berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Subjek T dikategorikan sebagai subjek yang berkemampuan tinggi, Subjek S dikategorikan sebagai subjek yang berkemampuan sedang dan Subjek R dikategorikan sebagai subjek yang berkemampuan rendah. Hasil penelitian ini adalah: 1) Profil kesalahan konseptual dan prosedural T dalam menyelesaikan Soal Cerita 1 (SC1)dan Soal Cerita 2 (SC2) yaitu, T tidak melakukan kesalahan konseptual maupun prosedural. T mengerjakan soal cerita sesuai dengan penyelesaian yang benar, mulai dari menuliskan permisalan serta apa yang diketahui, juga menggunakan metode eliminasi dan subtitusi sesuai dengan langkah-langkah sehingga hasil yang diperoleh untuk nilai x, y, z benar. 2) Profil kesalahan konseptual dan prosedural S dalam menyelesaikan SC1dan SC2 yaitu, S melakukankesalahan konsep tentang metode eliminasi (indikator 4: salah konsep tentang metode eliminasi dan subtitusi) dimana S keliru pada pembagian untuk dua variabel yang masih dalam satu persamaan serta S juga keliru dalam menggunakan operasi yang menghasilkan bilangan negatif pada saat mencari nilai yakibatnya hasil akhir yang diperoleh. Namun S tidak melakukan kesalahan prosedural, terlihat ketika S menyelesaikan soal cerita sesuai dengan langkah-langkah pengerjaan yang benar. 3) Profil kesalahan konseptual dan prosedural R dalam menyelesaikan SC1dan SC2 yaitu, R melakukan kesalahan konseptual terlihat ketika R tidak mengetahui konsep dari pembagian pada saat menggunakan metode eliminasi (Indikator 4) dan R juga mengalami kesalahan prosedural dimana R tidak bisa menyelesaikan perintah soal dengan langkah-langkah pengerjaan yang benar (Indikator c: siswa tidak menyelesaikan perintah soal dengan langkah-langkah pengerjaan yang benar). Kata Kunci: Kesalahan konseptual dan prosedural, soal cerita sistem persamaan linier tiga variabel.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up