Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Fungsi Eksponen Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Pada Kelas X SMA S GKST Imanuel Palu
Nama: NURDIANZA
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Nurdianza, 2019. Profil Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Fungsi Eksponen Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Pada Kelas X SMA S GKST Imanuel Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Marinus Barra Tandiayuk, Dan Pembimbing (II) Sudarman Bennu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Profil Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Fungsi Eksponen Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Pada Kelas X SMA S GKST Imanuel Palu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang didasarkan pada langkah pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya, subjek penelitian yaitu tiga orang siswa yang memiliki tingkat kemampuan matematika yang berbeda dari yang tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek MV siswa yang berkemampuan matematika tinggi, KH siswa yang berkemampuan matematika sedang dan RN siswa yang berkemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah fungsi eksponen adalah sebagai berikut: (1) tahap memahami masalah subjek MV dan KH dapat mengidentifikasi informasi yang ada pada masalah seperti hal yang diketahui dan hal yang ditanyakan melalui kalimat pernyataan dan pertanyaan, sedangkan subjek RN hanya dapat mengidentifikasi informasi yang diketahui saja melalui kalimat pernyataan, (2) tahap membuat rencana pemecahan masalah subjek MV, KH dan RN memiliki rencana pemecahan masalah dengan menggunakan rumus “y = b . ax , dengan a = 1 + r, x = t/T”, (3) tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah subjek MV, KH dan RN melaksanakan sesuai rencana dan mengerjakan menggunakan kemampuannya mencari nilai dari variabel yang digunakan pada rumus dan melakukan perhitungan untuk menemukan hasil dari masalah yang diberikan, dan (4) tahap memeriksa kembali hasil pekerjaan subjek MV, KH dan RN melakukan pemeriksaan kembali terhadap hasil pekerjaan. Kata Kunci: profil pemecahan masalah, fungsi eksponen; kemampuan, matematika.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up