JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII SMPN 12 Palu |
Nama: RISMAWATI |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Rismawati. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Koopertaif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII SMP Negeri 12 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Marinus Barra Tandiayuk (II) Tegoeh S. Karniman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penerapan model pembelajaran Koopertaif Tipe NHT yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 12 Palu. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Palu yang terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian sebanyak 30 siswa dan dipilih 3 siswa sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Palu dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Penyampaian tujuan pembelajaran, guru menyampaikan tujuan pembelajaran, mengingatkan materi yang dipelajari sebelumnya; 2) menyajikan informasi, guru mendeskripsikan secara singkat mengenai langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan menyampaikan pokok-pokok materi yang dipelajari dengan tanya jawab; 3) penomoran, guru mengarahkan siswa untuk bergabung dalam kelompoknya, membagikan nomor dan meminta siswa duduk berdasarkan urutan nomor dalam kelompoknya; 4) pengajuan pertanyaan, guru membagikan LKS pada masing-masing kelompok; 5) berpikir bersama, guru meminta siswa mengerjakan LKS secara berkelompok untuk memperoleh jawaban yang tepat; 6) pemberian jawaban/evaluasi, siswa yang nomornya diperoleh dari hasil pengundian berdiri di kelompoknya dan maju mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, siswa yang bernomor sama menanggapi jawaban yang dipresentasikan dan; 7) pemberian penghargaan, guru memberikan penghargaan kepada kelompok dalam bentuk bingkisan dan pujian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang terlihat dari ketuntasan belajar klasikal siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, lembar hasil observasi aktivitas siswa kategori cukup pada siklus I dan lembar hasil observasi aktivitas guru kategori baik pada siklus 1, lembar hasil observasi aktivitas siswa kategori baik dan lembar hasil observasi aktivitas guru kategori baik pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan SPLDV di kelas VIII SMP Negeri 12 Palu. Kata kunci: Model pembelajaran, kooperatif, NHT, hasil belajar, sistem persamaan linear dua variabel |