JudulHubungan Antara Konsep Diri (Self Concept) Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Palu |
Nama: RIA ANGRIANI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional bertujuan untuk: untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan hasil belajar siswa matematika kelas VII SMP Negeri 19 Palu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 19 Palu yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik nonprobability sampling jenis sampling jenuh dan sampel yang diperoleh adalah 67 siswa dari populasi 67 siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui angket konsep diri dan hasil belajar diperoleh melalui hasil ulangan harian perbab semester genap matematika. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dengan nilai signifikansi angket konsep diri = 0,783 > 0,05 dan niai signifikansi hasil belajar = 0,156 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan dua variabel tersebut berdistribusi normal. Kemudian uji homogenitas dengan nilai sig. = 0,27 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan variabel bersifat homogen, dan uji linieritas dengan nilai sig. = 0,10 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa dua variabel mempunyai hubungan yang linier. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji product moment correlation dan uji koefisien determinan dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rhitung = 0,443 > rtabel = 0,2027 dan nilai sig. (0,000) < (0,05) maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 19 Palu. Sumbangan efektif antara konsep diri dengan hasil belajar matematika sebesar 19,6%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan konsep diri dan hasil belajar belajar siswa kelas VII SMP Negeri 19 Palu. Kata kunci: Konsep diri, hasil belajar matematika. |