Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BALOK DI KELAS VIII A SMP NEGERI 11 PALU
Nama: ELFA SUSANTI
Tahun: 2021
Abstrak
Elfa Susanti. 2020. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Luas Permukaan dan Volume Balok Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 11 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Muh. Rizal, (II) Baharuddin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Luas Permukaan dan Volume Balok Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 11 Palu. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan dan observasi, dan 3) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ialah siswa kelas VIII A SMP Negeri 11 Palu yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 23 siswa, 14 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, wawancara, dan catatan lapangan. Pada siklus I banyaknya siswa yang tuntas yakni 13 siswa dengan persentase ketuntasan 56,52?n pada siklus II banyak siswa yang tuntas yakni 19 siswa dengan persentase ketuntasan 82,6%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model Problem Based Learnig dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 11 Palu, dengan mengikuti fase-fase PBL yaitu : 1) orientasi siswa pada masalah materi kubus dan balok khususnya luas permukaan balok, 2) mengorganisasikan siswa untuk belajar dengan membentuk kelompok belajar secara koperatif, 3) membimbing penyelidikan siswa secara mandiri maupun kelompok, 4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan 5) menganalisis dan mengevaluasi pemecahan masalah. Kata kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Luas Permukaan dan Volume Balok.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up