JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 9 PALU PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME PRISMA |
Nama: MI'RAD PIDU |
Tahun: 2021 |
Abstrak Mi’rad Pidu, 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 9 Palu Pada Materi Luas Permukaan dan Volume Prisma, Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Ibnu Hadjar, (II) Evie Awuy, Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume prisma. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi mengenai penerapan model pembelajaran tipe TGT untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII F SMP Negeri 9 Palu pada materi luas permukaan dan volume prisma. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F yang berjumlah 26 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat komponen yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, tes tertulis, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 9 Palu pada materi luas permukaan dan volume prisma, dengan tahapannya yaitu: 1) Penyajian kelas, 2) Belajar dalam kelompok, 3) Permainan, 4) Pertandingan, dan 5) Penghargaan kelompok. Hasil tes akhir tindakan siklus I menunjukkan bahwa 14 siswa memperoleh nilai di atas kriteria ketuntasan minimal sehingga ketuntasan belajar klasikal siswa hanya mencapai 53,84?n hasil tes akhir tindakan siklus II menunjukkan bahwa 20 siswa memperoleh nilai di atas kriteria ketuntasan minimal sehingga ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 76,92%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Luas Permukaan Prisma, Volume Prima, Pembelajaran Kooperatif, TGT |