Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BALOK KELAS VIII A MTs NEGERI 4 PALU
Nama: AYU RENA
Tahun: 2020
Abstrak
Ayu Rena, 2020. Penerapan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Permukaan dan Volume Balok Kelas VIII A MTs Negeri 4 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Muh. Rizal (II) Sukayasa. Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume balok. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume balok kelas VIII A MTs Negeri 4 Palu. Model ARCS memiliki empat tahap yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu : 1) Attenion, 2) Relevance, 3) Confidence, 4) Satisfaction. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII MTs Negeri 4 Palu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume balok. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentasi ketuntasan belajar klasikal siswa yang mencapai 70%, dan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Pada siklus I, 26 siswa mencapai nilai yaitu ? 75 dan 3 siswa mencapai nilai < 75, dengan ketuntasan klasikal sebesar 89.66%. Kemudian pada siklus II, jumlah siswa yang tuntas mengalami peningkatan, yaitu 28 siswa mencapai nilai ? 75, dan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran ARCS, maka hasil belajar siswa kelas VIII A MTsN 4 Palu pada materi luas permukaan dan volume balok dapat ditingkatkan. Kata kunci : Model Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS); Hasil Belajar; Luas Permukaan dan Volume Balok.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up