Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Dari Kubus Serta Balok Di Kelas Viii Smp Negeri 5 Dampelas
Nama: IKA FITRIANI
Tahun: 2021
Abstrak
Ika Fitriani, 2020. Penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume dari kubus serta balok di kelas VIII SMP Negeri 5 Dampelas. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematikadan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Gandung Sugita, Pembimbing (II) Anggraini. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume dari kubus serta balok di kelas VIII SMP Negeri 5 Dampelas. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Dampelas pada materi luas permukaan dan volume dari kubus serta balok, melalui tahapan sebagai berikut: 1) Perumusan masalah, pada tahap ini peneliti memberikan informasi pokok materi dan penjelasan tentang ha-hal yang akan dipelajari, membagikan LKPD kepada setiap kelompok dan mengrahkan siswa untuk melakukan pengamatan dan merumuskan masalah dalam LKPD, 2) Pemprosesan data, pada tahap ini peneliti menuntun siswa dalam memproses hasil pengamatan dan membimbing seperlunya jika siswa mengalami kesulitan, 3) Penyusunan konjektur, pada tahap ini peneliti mengamati siswa menyusun konjektur dan menarik kesimpulan dan memberikan bimbingan seperlunya jika siswa mengalami kesulitan dalam menyusun konjektur, 4)Pemeriksaan konjektur, pada tahap ini peneliti memeriksa hasil konjektur siswa dan memberikan penjelasan jika jika terdapat kekeliruan serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyusun kembali konjektur yang benar, 5) Verbalisasi konjektu, pada tahap ini perwakilan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas, peneliti memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi jawaban yang telah dipresentasikan dan membimbing siswa membuat kesimpulan, 6) Umpan balik, pada tahap ini semua siswa mengerjakan soal latiha 1 secara individu kemudian dibahas bersama oleh peneliti dan siswa. Kata kunci: Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar; Luas Permukaan dan Volume dari Kubus serta Balok.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up