JudulProfil Pemecahan Masalah Siswa Pada Belah Ketupat Dan Layang-layang Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Di Kelas VII SMP Negeri 20 Palu. Skripsi |
Nama: FATIMA S. PAIRUNAN |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Fatima S. Pairunan 2019. Profil PemecahanMasalah Siswa Pada Belah Ketupat dan Layang-layang Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Di Kelas VII SMP Negeri 20 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.Pembimbing (I) Sudarman Bennu, Pembimbing (II) Maxinus Jaeng. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Profil Pemecahan Masalah Siswa Pada Belah Ketupat dan Layang-layang Ditinjau dari Tipe Kepribadian Di Kelas VII SMP Negeri 20 Palu berdasarkan langkah-langkah Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Tahap mema-hami masalah yaitu: NA kepribadian guardian, menuliskan dan memaparkan hal diketahui dan ditanyakan secara lengkap. DA kepribadian artisan, belum dapat meĀ¬nuliskan dengan lengkap yang diketahui dan ditanyakan, kurang teliti serta cenderung tergesa-gesa. NS kepribadian rational, mengumpulkan informasi dengan menuliskan dan memaparkan hal diketahui dan ditanyakan secara lengkap dan tidak membutuhkan waktu lama memahami masalah. VA kepribadian idealist, membaca masalah berulang-ulang, 2)Tahap membuat rencana pemecahan masalah yaitu: NA kepribadian guardian, membuat hubungan antara yang ditanyakan dengan pengetahuannya. DA kepribadian artisan, menggunakan inforĀ¬masi yang dimiliki tapi belum jelas menuliskannya dan cenderung tergesa-gesa. NS kepribadian rational, menggunakan informasi diketahui dari soal dan penge-tahuannya.VA kepribadian idealist, menghubungkan antar data diketahui dan ditanyakan, 3)Tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah yaitu: NA kepribadian guardian, menggunakan strategi direncanakan dan menggunakan pengetahuannya untuk menemukan solusi dari masalah dan melakukan perhi-tungan dengan teliti. DA kepribadian artisan, menggunakan strategi direncanakan dan pengetahuan untuk menemukan solusi dari masalah tetapi kurang teliti. NS menggunakan strategi direncanakan dan diselesaikan menggunakan pengeta-huannya. VA menggunakan strategi direncanakan dan pengetahuannya menemu-kan solusi, 4) Tahap memeriksa kembali jawaban yaitu: NA dan NS melakukan perhitungan kembali jawaban diperolehnya dengan teliti. DA dan VA memeriksa kembali jawaban yang dibuatnya. Kata kunci: Profil, Pemecahan Masalah, Belah Ketupat, Layang-layang, Tipe Kepribadian, Guardian, Artisan, Rational, Idealist. |