Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B SMP BALA KESELAMATAN MARANATHA PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT
Nama: NOVIA ASTRIANI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Novia Astriani. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas VII B SMP Bala Keselamatan Maranatha. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Sutji Rochaminah, Pembimbing (II) Gandung Sugita. Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa pada materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di SMP Bala Keselamatan Maranatha. Satu diantara cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat dengan melaksanakan pembelajaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Karena dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, siswa dapat bekerja sama dalam kelompok belajar sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di kelas VII B SMP Bala Keselamatan Maranatha. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas (PTK) Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di kelas VII B SMP Bala Keselamatan Maranatha melalui langkah-langkah sebagai berikut: (1) Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan Peserta didik, (2) Menjelaskan materi dengan menggunakan garis bilangan secara singkat, sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat pada siklus I menjelaskan materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, pada siklus II menjelaskan materi sifat-sifat operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, selanjutnya siswa di berikan LKPD dan mengerjakannya secara Individu (Think), (3) Siswa dikelompokkan secara berpasangan dengan teman sebangkunya, selanjutnya siswa berdiskusi secara berpasangan dengan teman sebangkunya (Pair) dan (4) Pada tahab ini peneliti membimbing siswa yang masih kesulitan dalam menyelesaikan LKPD (5) Siswa berbagi jawaban dengan pasangan lain nya dalam kelas (Share) dan pasangan lainnya menanggapi (6) Penutup, peneliti membimbing siswa untuk membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari dan menutup pembelajaran dengan doa dan salam. Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share; Hasil Belajar; Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat. ABSTRACT Novia Astriani. 2019. The Use of Think Pair Share (TPS) Cooperative Learning Model to Improve Student Learning Outcomes on Material of addition and subtraction operations of integers in Class VII B Junior High School Bala Keselamatan Maranatha. Essay. Mathematics Education Study Program Department of Mathematics and Natural Sciences Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Advisor (I) Sutji Rochaminah, Advisor (II) Gandung Sugita. The problem of this research is the low of mathematics learning result of students on the material of addition and subtraction operations of integers in Class VII B Junior High School Bala Keselamatan Maranatha. One of the ways to improve student learning outcomes on the material of addition and subtraction operations of integers is by implementing the implementation of cooperative learning model type TPS. Within the TPS cooperative learning model, students can work together in study groups so that learning becomes more meaningful and impacts on improving student learning outcomes. Therefore, the researcher conducted the research with the aim to describe the implementation of TPS type of cooperative learning model to improve student learning outcomes on the material of addition and subtraction operations of integers in Class VII B Junior High School Bala Keselamatan Maranatha. This type of research is a classroom action research (PTK). The design of this study refers to the design of classroom action research (PTK) by Kemmis and Mc. Taggart which are: (1) planning, (2) implementation of action, (3) observation and (4) reflection. This study was conducted in two cycles. The result of the research shows that the implementation of TPS type of cooperative learning model can improve student’s learning outcomes in the material of addition and subtraction operations of integers in Class VII B Junior High School Bala Keselamatan Maranatha through the following steps: (1) Delivering the objectives and preparing the students, (2) Explaining the material using a brief number line, in accordance with the learning plan that was made in the first cycle explaining the material for the addition and reduction of integers, in the second cycle describes the material properties of operations addition and subtraction of integers, then students are given LKPD and work on it individually (Think), (3) students are grouped in pairs with their peers, then students discuss in pairs with their peers (Pair) and (4) in this phase the researcher guides students who still have difficulties in completing the LKPD (5) Students share the answers with other partners in the class (Share) and other partners respond (6) Closing, the researcher guides students to draw conclusions from the material that has been studied and closes the learning with prayers and greetings. Keywords: Think Pair Share type cooperative learning model; Learning outcomes; addition and subtraction operations of integers.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up