JudulPENERAPAN MODELPEMBELAJARANKOOPERATIF TIPEGROUP INVESTIGATION(GI) UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWAPADA MATERI JUMLAH BESAR SUDUT-SUDUT DALAM SEGITIGA DI KELAS VIIB SMP LABSCHOOL UNTAD PALU |
Nama: MUH. MIFTAHUL RIZKI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Muh. Miftahul Rizki, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GroupInvestigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Jumlah Besar Sudut-sudut dalam Segitiga di Kelas VIIB SMP Labschool UNTAD Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Drs. Baharuddin, M.Si. Pembimbing (2) Dr. Dasa Ismaimuza,M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigationyang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jumlah besar sudut-sudut dalam segitiga di kelas VIIB SMP Labschool UNTAD Palu.Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menujukan bahwa penerapan model kooperatif tipe Group Investigation dapat menigkatkan hasil belajar siswa pada materi jumlah besar sudut-sudut dalam segitiga, mengikuti langkah-langkah: (1) Grouping(membagi 5 kelompok yang heterogen berdasarkan hasil tes awal) (2) Planing (membagi materi untuk tiap-tiap kelompok dalam bentuk LKS dan menjelaskan contoh yang ada di LKS dengan menggunakan media karton segitiga. Pada tahap ini peneliti menjelaskan dengan tanya jawab) (3) Investigation(mempersilahkan kelompok untuk melakukan investigasi terhadap soal yang diberikan disamping itu peneliti mengawasi dan memberikan bantuan seperlunya terhadap kelompok yang mengalami kesulitan) (4) Organizing(meminta setiap kelompok menulis hasil investigasinya dan setiap siswa mempersiapkan diri untuk menjadi penyaji, moderator dan notulis). (5) Presenting (menentukan kelompok penyaji yaitu kelompok 3, yang menjadi moderator dan notulis yaitu kelompok 5. Kemudian kelompok lain mengamati, bertanya dan memberi saran. Peneliti juga mengawasi dan memberikan arahan kepada kelompok yang mengalami kesulitan dalam proses diskusi) (6) Eveluating (meminta setiap siswa membuat kesimpulan tentang materi yang dipelajari. Kemudian peneliti menunjuk salah satu siswa untuk menyimpulkan. Setelah disimpulkan peneliti menambahkan atau menyempurnakan kesimpulan yang dipaparkan siswa) Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GroupInvestigation;Hasil belajar Jumlah besar sudut-sudut dalam segitiga |