Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TURUNAN FUNGSI ALJABAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA PADA KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 1 SIRENJA
Nama: ANGGUN PRATIWI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Anggun Pratiwi, 2020. Profil Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Turunan Fungsi Aljabar Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Pada Kelas XI SMA Negeri 1 Sirenja. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Dasa Ismaimuza, dan Pembimbing (2) I Nyoman Murdiana. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Profil Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Turunan Fungsi Aljabar ditinjau dari Kemampuan Matematika pada Kelas XI SMA Negeri 1 Sirenja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang didasarkan pada langkah pemecahab masalah yang dikemukakan oleh Polya, subjek penelitian yaitu tiga orang siswa yang memiliki tingkat kemampuan matematika yang berbeda dari yang tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek FM siswa yang berkemampuan matematika tinggi, LF siswa yang berkemampuan matematika sedang dan NAA siswa yang berkemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah turunan fungsi aljabar sebagai berikut: (1) tahap memahami masalah subjek memahami masalah yang diberikan dengan baik, subjek mengidentifikasi informasi yang ada seperti apa yang diketahui dan apa yang diperintahkan oleh soal dengan benar, (2) tahap membuat rencana pemecahan masalah subjek FM memiliki rencana pemecahan masalah dengan menggunakan rumus f'(x)=u'v+uv' dan f'(x)= (u'v-+uv')/v^2 , dan untuk subjek LF dan NAA pada (M1 1, M2 1) rencana yang digunakan adalah dengan mengalikan nilai fungsi f(x) terlebih dahulu, untuk (M1 2, M2 2) subjek mengguknakan rumus f'(x)= (u'v-+uv')/v^2 , (3) tahap melaksanakan rencana pemecaham masalah subjek FM melaksanakan rencana sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya dan memperoleh penyelesaian yang tepat, subjek LF dan NAA juga melaksananakan rencana sesuai dengan tang telah direncanakan sebelumnya namun pada (M1 1 dan M2 1) proses penyelesaiannya kurang tepat tetapi memperoleh hasil akhir yang benar, sedangkan pada (M1 2 dan M2) subjek memperoleh penyelesaian yang tepat, (4) tahap memeriksa kembali hasil pekerjaan subjek FM,LF,dan NAA melakukan pemeriksaan kembali terhadap hasil pekerjaannya. Kata Kunci: Profil pemecahan masalah, turunan fungsi aljabar, kemampuan matematika.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up