Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII B SMP NEGERI 20 SIGI
Nama: SUPRIANTO
Tahun: 2021
Abstrak
Suprianto.2020. penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII B Smp Negeri 20 Sigi. Skripsi . Program studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Sutji Rochaminah (II) Muh.Hasbih. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model Problem based learning (PBL) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII B Smp Negeri 20 Sigi pada materi Aritmatika Sosial khususnya pada subpokok bahasan materi Bunga tunggal serta Bruto , Tara dan Neto. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan mengikuti langkah - langkah , yaitu (1) orientasi siswa pada masalah dengan memberikan contoh yang berkaitan dengan materi Aritmatika Sosial di dalam kehidupan sehari -hari, (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar, (3) membantu penyelidikan individual maupun kelompok, (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, (5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up