JudulMENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XA KEPERAWATAN SMK NUSANTARA PALU PADA MATERI BARISAN ARITMATIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER |
Nama: ASMIATI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Asmiati, 2019. Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XA Keperawatan SMK Nusantara Palu pada Materi Barisan Aritmatika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Marinus Barra Tandiayuk, (II) Sutji Rochaminah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan prestasi belajar siswa kelas XA Keperawatan SMK Nusantara Palu pada materi barisan aritmatika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT). Hasil yang diperoleh pada siklus I banyaknya siswa yang tuntas 4 siswa dengan persentase ketuntasan 20?n pada siklus II banyak siswa yang tuntas 7 siswa dengan persentase ketuntasan 35%. Hal ini menunjukan bahwa penelitian ini berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa, dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: 1) Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, 2) menyajikan informasi3) penomoran, 4) mengajukan pertanyaan, 5) berpikir bersama, 6) menjawab, dan 7) pemberian penghargaan. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, NHT, prestasi belajar, barisan aritmatika. |