JudulProfil Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus Pada Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu |
Nama: Aprilitha R. Sambue |
Tahun: 2019 |
Abstrak Aprilitha Rinintowe Sambue. 2019. Profil Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus pada Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Marinus B. Tandiayuk dan Pembimbing (II) Sudarman Bennu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus pada kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Palu yang berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) indikator mengklasifikasikan gradien menurut sifat-sifatnya, subjek berkemampuan tinggi, sedang dan rendah tidak dapat mengklasifikasikan semua gradien; (2) indikator memberi contoh dan bukan contoh persamaan garis lurus, subjek berkemampuan tinggi dan subjek berkemampuan sedang memilih persamaan yang tidak berpangkat sebagai contoh persamaan garis lurus tetapi subjek berkemampuan sedang hanya memilih satu persamaan saja dan subjek berkemampuan rendah memilih dengan menebak saja; (3) indikator menyajikan persamaan garis lurus dalam bentuk representasi gambar, subjek berkemampuan tinggi, sedang dan rendah menggambarkan sumbu X dan sumbu Y terlebih dahulu, lalu menuliskan titik pada masing-masing sumbu garis tetapi hanya subjek berkemampuan tinggi yang menghubungkan ke dua titik tersebut menjadi sebuah garis lurus; (4) indikator menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi dalam menentukan persamaan suatu garis lurus, siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah tidak mengetahui prosedur atau operasi apapun dan tidak memberi jawaban; dan (5) indikator mengaplikasikan konsep persamaan garis lurus pada pemecahan masalah, siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah menuliskan informasi yang diperoleh yaitu apa yang diketahui dan ditanyakan tetapi tidak dapat menyelesaikan masalah dengan konsep persamaan garis lurus. Subjek berkemampuan tinggi dan sedang menyelesaikan dengan prosedur lain sedangkan subjek berkemampuan rendah tidak menuliskan penyelesaian. Kata Kunci: Profil; Pemahaman konsep; Persamaan garis lurus |