JudulProfil Penalaran Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bentuk Aljabar Ditinjaudari Gaya Kognitif Di Kelas Viii Mts Nurul Islam Tawaeli |
Nama: SARTIKA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh profil penalaran siswa field dependent dan siswa field Independent dalam menyelesaikan soal operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Subjek penelitian ini yaitu dua orang siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Tawaeli yang terdiri dari satu orang siswa dengan gaya kognitif field dependent dan satu orang siswa dengan gaya kognitif field independent. Pemilihan subjek dalam penelitian ini diklasifikasikan berdasarkan hasil tes gaya kognitif di kelas VIII MTs Nurul Islam Tawaeli. Tes pengklasifikasian gaya kognitif yang digunakan adalah Group Embedded Figure Test (GEFT) yang dikembangkan oleh Witkin. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas instrumen utama dan insrtumen pendukung. Instrumen utama yaitu peneliti sendiri, dan instrumen pendukung yaitu tes GEFT dan tes tertulis soal operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Hasil menunjukkan profil penalaran siswa dengan gaya kognitif Field Independent (FI) dalam menyelesaikan soal operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar adalah dengan cara menghubungkan informasi-informasi yang diketahui pada soal yang dihadapi dengan pengetahuan serupa yang pernah dijumpai sebelumnya untuk memperoleh solusi dari soal yang diberikan, sehingga memperoleh kesimpulan baru. Sedangkan Profil penalaran siswa dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) dalam menyelesaikan soal operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar adalah dengan cara menghubungkan informasi-informasi yang diketahui pada soal yang dihadapi dengan pengetahuan serupa yang pernah dijumpai sebelumnya untuk memperoleh solusi dari soal namun belum lengkap, sehingga belum memperoleh kesimpulan baru. Kata kunci: Profil, Penalaran, Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar, Gaya Kognitif. |