JudulPENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI INVERS FUNGSI DI KELAS X SMAN 1 SIGI |
Nama: AKRAM |
Tahun: 2021 |
Abstrak Akram. 2020. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) un¬¬¬tuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Invers Fungsi di Kelas X SMA Negeri 1 Sigi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) IbnuHadjar (II) H. Muh. Rizal. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model problem based learning (PBL) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XSMA Negeri 1 Sigi pada materi invers fungsi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil tes akhir tindakan, diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I adalah 64,28?n persentase ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus II adalah 92,59%, sedangkan hasil observasi guru dan siswa pada siklus I berada pada kategori baik dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan mengikuti langkah-langkah, yaitu (1) orientasi siswa pada masalah menggunakan powerpoint, (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar, (3) membantu penyelidikan individual maupun kelompok, (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan (5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Kata Kunci: Model problem based learning (PBL); hasil belajar; Invers fungsi |