Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 PARIGI UTARA PADA MATERI OPERASI HITUNG MATRIKS
Nama: NURUL AZMI
Tahun: 2021
Abstrak
Nurul Azmi. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Operasi Hitung Matriks Di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Parigi Utara. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Muh. Rizal dan Pembimbing (II) Nurhayadi. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) yang dapat meningkatkan hasil belajar pada materi operasi hitung matriks di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Parigi Utara. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan MC. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Parigi Utara. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengikuti langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) yaitu 1) memberi apersepsi dan motivasi siswa, 2) membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil siswa yang beranggotakan 2 orang setiap kelompok, 3) menyajikan informasi dan mengajukan pertanyaan, (4) berpikir individu (think), (5) diskusi dengan teman kelompok (pair), (6) membagikan hasil diskusi dengan teman kelompok (share), (7) menarik kesimpulan, (8) evaluasi. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukan dengan adanya perubahan pengetahuan siswa pada siklus I menjadi lebih baik pada siklus II. Perubahan pengetahuan siswa dapat dilihat dari hasil analisis tes akhir tindakan siswa pada siklus I sebesar 43,75?n meningkat pada siklus II sebesar 90,91%. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share, Hasil Belajar, Operasi Hitung Matriks.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up