Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 9 PALU PADA MATERI SEGITIGA
Nama: KISWANDA BAGO
Tahun: 2021
Abstrak
Kiswanda Bago, 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII D SMPN 9 Palu pada Materi Segitiga”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Sukayasa (2) H. Muh. Rizal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII D SMP Negeri 9 Palu pada materi segitiga. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan desainnya menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, dengan tahapan-tahapannya yakni perencanaan, tindakan dan observasi serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 9 Palu yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa dan dipilih tiga siswa sebagai informan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil tes akhir tindakan, diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I adalah 64,28?n persentase ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus II adalah 92,59%, sedangkan hasil observasi guru dan siswa pada siklus I berada pada kategori baik dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 9 Palu pada materi segitiga dengan mengikuti tahapan (1) stimulasi: memberikan penjelasan kepada siswa tentang materi segitiga yang terdapat dalam LKPD. (2) perumusan masalah: mengarahkan siswa untuk menemukan sendiri materi segitiga dengan meminta siswa mengamati dan mengidentifikasi permasalahan yang terdapat pada LKPD serta membuat hipotesis. (3) pengumpulan data: siswa diminta mencari referensi terkait dengan materi segitiga, kemudian menuliskan informasi yang terdapat pada masalah yang diberikan secara teliti. (4) pemrosesan data: setelah pengumpulan data, selanjutnya diperlukan pemrosesan data, siswa mengolah data yang telah dikumpulkan dengan cara mendiskusikan proses yang digunakan untuk menemukan masalah yang ada di LKPD. (5) verifikasi: siswa diminta membuat rumusan kesimpulan dan kemudian mencocokkannya dengan rumusan masalah yang diberikan apakah rumusan kesimpulan yang dibuat menjawab masalah yang diberikan dan apakah hasil yang diperoleh sesuai hipotesis yang dibuat udah terbukti atau belum. dan (6) generalisasi: melibatkan siswa dalam diskusi kelas dan menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Kata kunci: model pembelajaran penemuan terbimbing. hasil belajar siswa, segitiga.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up