Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Koopertaif Tipe TAI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran Di Kelas VIII E SMP Negeri 3 Palu
Nama: Rifki Angriani
Tahun: 2019
Abstrak
Rifki Angriani, 2019. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran di kelas VIII E SMP Negeri 3 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Abd. Hamid (II) Muh. Hasbi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran di kelas VIII E SMP Negeri 3 Palu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini sebanyak 35 siswa dan dipilih tiga siswa sebagai informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran di kelas VIII E SMP Negeri 3 dengan mengikuti tahap-tahap berikut: 1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, 2) menyajikan materi yang akan dipelajari, 3) siswa mengerjakan soal pada LKPD secara individu, 4) mengorganisasikan siswa ke dalam 6 kelompok belajar yang heterogen, 5) siswa mengerjakan soal pada LKPD secara berkelompok, 6) siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya, dan 7) memberikan apresiasi kepada kelompok yang melakukan presentasi. Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe TAI, panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up