JudulPENGEMBANGAN VIDEO GAME “AYO BERHITUNG ” BERBASIS ANDROID PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT DI TINGKAT SEKOLAH DASAR (SD) |
Nama: M FAHRUR RAZI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK FAHRUR, 2020. Pengembangan Video Game “Ayo Berhitung ” Berbasis Android Pada Materi Operasi Bilangan Bulat di Tingkat Sekolah Dasar (SD). Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Penelitian ini bertujuan mengembangkan video game edukasi “Ayo Berhitung” pada perangkat android untuk melatih siswa pada materi operasi bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan bentuk perangkat lunak yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Tahap dalam penelitian ini meliputi tahap (1) Analisis, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4) Impelementasi, dan (5) Evaluasi. Pengujian dan evaluasi dilakukan oleh ahli media, dan ahli materi juga tanggapan dari pengguna. Hal ini digunakan untuk mengetahui tingkat kelayakan dari video game edukasi “Ayo Berhitung” yang dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan di ruang kelas V Al-Ankabut SD IT Al-Fahmi Palu jalan gelatik dengan subjek penelitian ini adalah 23 siswa kelas V Al-Ankabut SD IT Al-Fahmi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yg di isi oleh ahli media, ahli materi, dan pengguna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat validasi pengembangan media berbasis aplikasi game dari ahli media diperoleh nilai rata-rata 3,84 pada kategori sangat layak, ahli materi diperoleh nilai rata-rata 3.4 pada kategori layak, dan tanggapan positif yang diberikan user terhadap video game edukasi “Ayo Berhitung” yang dikembangkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa video game edukasi matematika “Ayo Berhitung” ini layak digunakan. Kata Kunci:, video game edukasi; operasi bilangan bulat; ayo berhitung; android |