JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS ALKHAIRAAT BOBO PADA MATERI KELILING DAN LUAS JAJARGENJANG |
Nama: SITI QHOYMA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Siti Qhoyma. 2019.Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Alkhairaat Bobo pada materi keliling dan luas jajargenjang. Skripsi,Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Sutji Rochaminah (II) Marinus B. Tandiayuk. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi Penerapan model pembelajaran kooperatif tipeStudent Team Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Alkhairaat Bobo pada materi keliling dan luas jajargenjang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Alkhairaat Bobo yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini sebanyak 24 siswa dan dipilih tiga siswa sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Alkhairaat Bobo pada materi keliling dan luas jajargenjang dengan mengikuti fase-fase model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai berikut: 1) fase menyampaikan tujuan dan memotivasi, peneliti menyampaikan tujuan pembelajaran sekaligus memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi keliling dan luas jajargenjang, 2) fase menyajikan atau menyampaikan informasi, peneliti menyajikan informasi mengenai materi tentang keliling dan luas jajargenjang dengan metode ceramah dan tanya jawab, 3) fase mengorganisasikan siswa kedalam kelompok belajar, peneliti mengorganisasi siswa ke dalam kelompok belajar serta membagi LKPD berisi materi mengenai keliling dan luas jajargenjang, 4) fase membimbing kelompok bekerja dan belajar, peneliti mengamati setiap kelompok dan memberikan bimbingan kepada semua kelompok yang membutuhkan bantuan,5) fase evaluasi, guru meminta setiap kelompok mempersentasekan jawaban hasil diskusi kelompoknya didepan kelas. Peneliti juga memberikan tes individu untuk mengevaluasi tingkat pemahamanan siswa dalam memahami materi keliling dan luas jajargenjang, 6) fase penghargaan kelompok, peneliti memberikan penghargaan kepada kelompok yang memperoleh predikat baik, hebat dan super. Penelitian ini data yang dikumpulkan berupa data hasil aktifitas guru dan siswa, catatan lapangan, serta data hasil belajar, yang diperoleh dengan cara pengamatan, wawancara, tes awal dan tes akhir tindakan. Semua aspek yang berada di lembar aktivitas guru dan siswa pada siklus I berada pada kategori baik dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik.Presentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 41,67?n presentase ketuntasan klasikal pada siklus II sebesar 83,33%. Kata kunci: kooperatif,STAD, hasil belajar, keliling jajargenjang. ? |