Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI INVERS DI KELAS X IPA2 SMA NEGERI 1 SIGI
Nama: RAHMAWATI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Rahmawati, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fungsi Invers Di Kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Sigi Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I Muh. Hasbi dan Pembimbing II Bakri M. Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi fungsi invers di SMA Negeri 1 Sigi. Hal ini disebabkan sebagian besar siswa kurang memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan materi dan kurang memberikan tanggapan sehingga terkesan takut untuk ditanya maupun bertanya dan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika khususnya pada materi fungsi invers sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam proses pembelajaran. Karena pada model ini suasana belajar menjadi lebih aktif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fungsi invers di kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Sigi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen dalam setiap siklusnya, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini melalui lembar observasi, wawancara, catatan lapangan, dan data hasil belajar siswa. Pada penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh bahwa hasil belajar Siswa X IPA 2 SMA Negeri 1 Sigi mengalami peningkatan yang ditunjukkan dari persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 25% sedangkan persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus II sebesar 75%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fungsi invers di kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Sigi dengan mengikuti fase-fase sebagai berikut: fase menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, fase menyajikan informasi, fase Transisi ke tim, fase membimbing kelompok dalam belajar dan bekerja, fase evaluasi, fase memberikan penghargaan. Kata Kunci: Model Pembelajaran STAD, Hasil Belajar, Fungsi Invers. ?

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up