JudulProfil Gaya Kognitif Siswa Kelas VII SMP Katolik Palu Pada Pemecahan Masalah Pertidaksamaan Linear Satu Variabel |
Nama: ESKE VINEKE POKONDA |
Tahun: 2022 |
Abstrak EskeVineke, 2019. Profil Gaya Kognitif Siswa Kelas VII SMP Katolik Palu Pada Pemecahan Masalah Pertidaksamaan Linear SatuVariabel. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Abd Hamid. (II) Linawati. Penelitian ini bertujuan untuk Profil Gaya Kognitif Siswa Kelas VII SMP Katolik Palu Pada Pemecahan Masalah Pertidaksamaan Linear Satu Variabel berdasarkan langkah-langkah Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Katolik Palu. Pemilihan subjek dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes gaya kognitif di kelas VII SMP Katolik Palu. Tes pengklasifikasian gaya kognitif yang digunakan adalah Group Embedded Figure Test (GEFT) yang dikembangkan oleh Witkin. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) Tes gaya kognitif dengan menggunakan Group Embedded Figure Test (GEFT) dan 2) Tes masalah PtLSV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Profil pemecahan masalah siswa field independent pada tahap memahami masalah yaitu: dengan cara membaca masalah berulang-ulang, setelah membaca masalah berulang-ulang barulah subjek dapat mengidentifikasi informasi-informasi yang diketahui dan ditanyakan. 2) Profil pemecahan masalah siswa field independent pada tahap membuat rencana pemecahan masalah yaitu: mampu membuat hubungan antara informasi yang ada dengan masalah yang ditanyakan dengan mengaikatkan pengetahuan dan pengalaman yang telah dipelajari sebelumnya. Sehingga mampu membuat perencanaan pemecahan masalah yang diberikan dengan baik. 3) Profil pemecahan masalah subjek field independent pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah yaitu subjek dengan gaya kognitif field independent dapat menerapkan rencana yang telah dibuat selanjutnya melaksanakan rencana dengan menggunakan konsep yang telah dipelajari sebelumnya. 4) Profil pemecahan masalah siswa field independent pada tahap memeriksa kembali yaitu: subjek memeriksa kembali langkah demi langkah hasil pekerjaan dan meyakini kebenaran jawabannya denga nmelakukan perhitungan kembali. 5) Profil pemecahan masalah siswa field dependent pada tahap memahami masalah yaitu: subjek yang memiliki gaya kognitif field dependent untuk memahami masalah dengan cara membaca masalah berulang-ulang dan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam memahami masalah. 6) Profil pemecahan masalah siswa field dependent pada tahap membuat rencana pemecahan masalah yaitu: subjek kurang tepat dalam membuat rencana penyelesaian. 7) Profil pemecahan masalah subjek field dependent pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah yaitu subjek mengalami kesulitan dalam menerapkan rencana yang telah dibuat sebelumnya sehingga menambahkan beberapa strategi untuk dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi. 8) Profil pemecahan masalah siswa field dependent pada tahap memeriksa kembali yaitu: subjek tidak melakukan pengecekan kembali hasil pekerjaan sehingga tidak menyadari kesalahan dalam mengerjakan. Kata Kunci: Profil, Pemecahan Masalah, PtLSV, Gaya Kognitif. |