Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS DAERAH SEGITIGA DI KELAS VII MTs ALKHAIRAAT BOBO
Nama: DEWI TRI INAYAH
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Dewi Tri Inayah, 2019. Penerapan Model pembelajaran berbasis masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi keliling dan Luas Daerah Segitiga di kelas VII MTs Alkhairaat Bobo. Hasil. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Sudarman Bennu, pembimbing (2) Abd. Hamid. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas daerah segitiga di kelas VII MTs Alkhairaat Bobo. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan dan observasi, dan (3) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ialah siswa kelas VII MTs Alkhairaat Bobo yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 siswa, 13 siswa perempuan dan 11 siswa laki-lakiHasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Alkhairaat Bobo, dengan mengikuti fase-fase PBL yaitu : (1) orientasi siswa pada masalah materi segitiga khususnya keliling dan luas daerah segitiga, (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar dengan membentuk kelompok belajar secara koperatif, (3) membimbinng penyelidikan siswa secara mandiri maupun kelompok, (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan (5) menganalisis dan mengevaluasi pemecahan masalah. Penelitian ini data yang dikumpulkan berupa data hasil observasi, tes, wawancara, dan catatan lapangan. Wawancara dilakukan dengan 3 orang informan yang diperoleh dari hasil analisis tes awal. Hasil penelitian ini adalah 1) siswa dapat memahami rumus keliling segitiga dan siswa dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan keliling segitiga. Untuk siklus 2 , 2) siswa dapat memahami rumus luas segitiga dan dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan luas segitiga. 3) semua aspek yang ada dilembar aktivitas guru dan siswa guru dan siswa pada siklus I berada pada kategori baik dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik Kata kunci : Model pembelajaran berbasis masalah, Hasil Belajar, keliling dan luas daerah segitiga.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up