JudulPENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS AL KHAIRAAT PUSAT PALU PADA MATERI GARIS DAN SUDUT |
Nama: ARDIANSYAH |
Tahun: 2020 |
Abstrak Ardiansyah, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Al Khairaat Pusat Palu pada Materi Garis dan Sudut. Skripsi, Program studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) I Nyoman Murdiana, Pembimbing (II) Abd. Hamid Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaranQuantum Teaching yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII MTs Al Khairaat Pusat Palu pada materi garis dan sudut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian yang mengacu pada Kemmis dan Mc. Tanggart. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas VII MTs Al Khairaat Pusat Palu, dengan jumlah siswa 29 orang. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I banyaknya siswa yang tuntas 18 orang dengan persentase ketuntasan klasikal 62,01 ?n pada siklus II banyaknya siswa yang tuntas 21 orang dengan presentase ketuntasan belajar klasikal 72,41 %. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II pada materi garis dan sudut dengan menerapkan fase-fase berikut: (1) Tumbuhkan, (2) Alami, (3) Namai, (4) Demonstrasi, (5) Ulangi, (6) Rayakan. Kata Kunci : Quantum Teaching, Hasil Belajar, Garis dan Sudut |