Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B SMPN 3 SINDUE PADA MATRI ARITMATIKA SOSIAL
Nama: SARAH SOFIANTI
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Sarah Sofianti, 2019. Penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B SMPN 3 Sindue pada materi aritmatika sosial. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Sudarman Bennu, (II) Sukayasa. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial di SMP Negeri 3 Sindue. Hal ini disebabkan antara lain siswa kurang terlibat aktif, baik untuk menanyakan hal-hal yang belum dimengerti, menjawab pertanyaan dari guru ataupun saling membantu mengajarkan antara siswa yang satu dengan siswa yang lain dan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menggunakan operasi hitung bilangan bulat ataupun operasi hitung bilangan pecahan, khususnya pada operasi perkalian dan pembagian serta siswa masih belum tahu menggunakan rumus yang tepat saat mengerjakan soal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka peneliti menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada materi aritmatika sosial dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Sindue. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari empat komponen dalam setiap siklusnya, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini melalui lembar observasi, wawancara, catatan lapangan, dan data hasil belajar siswa. Pada tes akhir siklus I terdapat 3 siswa tuntas sehingga persentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I adalah 16,67?n 15 siswa tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II terdapat 16 siswa tuntas dan 2 siswa tidak tuntas sehingga persentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus II adalah 88,88%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan dan indikator kebehasilan tindakan telah tercapai. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran Discovery Learning pada materi aritmatika sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Sindue, dengan mengikuti fase-fase yaitu: 1) Stimulation, 2) Problem Statement, 3) Data Collection, 4) Data Processing, 5) Verification, 6) Generalization. Kata Kunci: Discovery Learning; Hasil Belajar; Aritmatika Sosial.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up